Cara Penulisan Karya Ilmiah Yang Baik Dan Benar

Assalamulaikum wr. wb Kembali lagi bersama saya di blog Kumpulan (hiburan, pengetahuan, anime dan life style) setelah kemaren saya memposting introduction, sekarang saya akan memposting tentang cara penulisan makalah yang baik dan benar. kenapa saya memposting hal ini? karena dalam pengalaman saya, masih banyak sekali saya jumpai mahasiswa utamanya, belum mengerti dengan cara menulis makalah sehingga kesalahan sering kali terjadi, nah sebelum saya jelaskan cara menulis makalah yang baik dan benar, perlu saya beritahukan bahwa format penulisan makalah itu berbeda-beda setiap kampus atau lembaga. yang akan saya jelaskan adalah format yang dipakai kebanyakan lembaga atau kampus. yuk langsung aja kita lihat cara penulisan makalah yang baik dan benar pertama, yang harus di perhatikan dalam menulis makalah itu adalah format penyusunan makalah adapun format penulisan makalah adalah sebagai berikut: 1. Cover yang ada di dalam cover adalah : a. Judul Makalah b. Mata Pelajaran/ Kuliah c. Logo lembaga atau kampus d. Nama penulis e. Nama dosen yang mengajar f. Jurusan g. Fakultas h. Nama Kampus i. Tahun Ajaran 2. Daftar Isi 3. Kata Pengantar (Jika diminta oleh dosen) 4. Isi BAB I Pendahuluan A. Latar Belakang Masalah B. Rumusan Masalah C. Batasan Masalah (Jika diminta oleh dosen) D. Tujuan Penulisan BAB II Pembahasan sesuia dengan materi BAB III Penutup A. Kesimpulan B. Kritik dan Saran Daftar Pustaka sumber yang dipakai dalam penulisan makalah kedua, yang harus di perhatikan dalam menulis makalah adalah bahasa yang digunakan. karena makalah merupakan salah satu bentuk karya ilmiah, maka bahasa yang digunakan harus bahasa formal atau bahasa baku yang sesuai dengan Ejaan Yang Disempurnakan (EYD), apabila kita menggunakan bahasa asing yang belum atau tidak diserap ke dalam bahasa indonesia atau dalam bahasa aslinya, maka harus di cetak miring (italic). hindari kesalahan penulisan bahasa tidak baku dengan cara mengatur microsoft word kita sedemikian rupa (akan saya jelaskan di postingan selanjutnya). Selanjutnya yang harus diperhatikan dalam kita menulis makalah adalah kutipan. Ini merupakan hal yang sangat penting yang harus ada di dalam makalah kenapa? Karena hal ini adalah salah satu bukti bahwa makalah yang kita buat itu bukan hasil mencontek/plagiat. Kutipan di dalam makalah itu bila ditinjau dari bentuknya ada 2 bentuk yaitu kutipan langsung dan kutipan tidak langsung (dijelaskan lebih lanjut di postingan berikutnya), dan bila ditinjau dari letaknya ada 2 pula yaitu footnote (catatan kaki) dan Bodynote (catatan tubuh). Sesuai namanya footnote terletak di bawah pembahasan makalah, jika kita menggunakan microsoft word maka footnote terletak diluar (Footer) pembahasan makalah yang dipisahkan oleh garis. (untuk footnote dan body note lebih rincinya akan saya jelaskan lebih rinci di postingan selanjutnya). Footnote dalam karya ilmiah ditandai dengan nomor kutipan yang terletak sesudah kata yang kita kutip dan di bawah pembahasan di mana footnote itu berada, sedangkan bodynote berada di dalam pembahasan makalah ditandai dengan (). Apabila dalam satu pembahasan yang sedari awal kita menggunakan footnote usahakan jangan menggunakan bodynote untuk menjaga konsisten. Karena konsistensi kita dalam makalah juga harus diperhatikan. Demikian pembahasan pada postingan kali ini, jika ada yang mau dipertanyakan silahkan tinggalkan jejak di komentar. Biasakan untuk mengisi buku tamu dan meninggalkan komentar yang membangun. Wassalamualaikum wr.wb

No comments:

Post a Comment

KUTIPAN DALAM KARYA ILMIAH (MAKALAH, SKRIPSI DAN THESIS)

Assalamualaiku Wr.Wb Selamat malam, berjumpa lagi dengan saya di blogger kumpulan ini, dalam postingan kali ini saya akan membahas sesuai de...

Total Pageviews